Excel (Pengertian dan Manfaat)
PENGERTIAN EXCEL
Microsoft Excel adalah program perangkat lunak yang
memungkinkan pengguna untuk mengolah dan menghitung data yang bersifat numerik
(angka). Pengolahan data dilakukan menggunakan rumus dalam lembar spreadsheet.
Bentuk lembar kerja di Microsoft Excel berbeda dengan yang ada di Microsoft
Word. Lembar kerja di Microsoft berbentuk kumpulan sel yang disusun jadi baris
dan kolom, atau biasa dikenal dengan sistem spreadsheet. Data dalam lembar
spreadsheet Microsoft Excel dapat dihitung dan diolah secara akurat menggunakan
rumus-rumus tertentu yang tersedia. Selain itu, ada beberapa alat di Microsoft
Excel yang mampu untuk menyajikan hasil olahan data. Penyajian data di
spreadsheet dapat divisualisasikan dalam bentuk tabel, diagram, atau grafik
bergaris. Aplikasi pengolah data numerik ini masih satu bagian dari paket
Microsoft Office yang bisa diakses di dekstop dengan sistem operasi Windows dan
MacOS.
MANFAAT
Manfaat Microsoft Excel yang mendasar ialah memudahkan
pengguna dalam melakukan pengolahan data numerik. Dengan Microsoft Excel,
perhitungan dan pembacaan data berbentuk angka tidak perlu dilakukan secara
manual. Dari manfaat tersebut, Microsoft Excel memiliki beberapa fungsi yang
bisa dieksplorasi. Berikut macam-macam fungsi Microsoft Excel, sebagaimana
dilansir KompasEdu, Kamis (10/02/2022): Untuk menghitung kumpulan data dalam
berbagai operasi, seperti perkalian, pembagian, pengurangan, dan penjumlahan
Pembuatan daftar laporan keuangan Untuk mencari nilai dari kumpulan data,
misalnya nilai terendah atau terkecil, tertinggi, tengah, dan rata-rata
Pembuatan daftar nilai Pembuatan daftar kehadiran atau presensi Perhitungan
kurs mata uang Untuk menyajikan data dalam berbagai bentuk, seperti tabel,
grafik, diagram batang, diagram garis, dan sebagainya.
NEXT : Rumus - rumus dasar Excel

Comments
Post a Comment